Senin, 31 Desember 2018

Mengapa Saya Tinggalkan Jokam 354 LDII dari : Abu Abdurahman Adam Bogor

Tujuh Alasan Saya Keluar dari Islam Jamaah

Mengkaji Al Quran, dengan makna tiap kalimah, lalu diterangkan tafsirnya. Diramut dengan teratur, mengaji setidaknya dua kali dalam sepekan sebagai standar minimal, bahkan jika beruntung dipondokkan sehingga bisa mengaji al Quran dan Al Hadits secara intensif. Sangat menyenangkan bagi seorang muslim yang bersemangat menghambakan diri kepada Allah سبحانه و تعالى. Demikian kami jalani selama belasan tahun, ikhwah lain sampai duapuluh bahkan tiga puluh tahun, sampai akhirnya terbit secercah cahaya terang benderang, di tengah cahaya remang-remang yang selama ini meliputi kami.

Darimana cahaya itu muncul? Ternyata tidak jauh bahkan sangat dekat, satu karunia Allah bagi setiap muslim dari umat ini: Al Quran. Benarlah jika Rasulullah صلى الله عليه و سلم banyak memotivasi umat untuk senantiasa berdekatan dengan Al Quran.

فإن هذا القران سَبَبٌ طَرَفُهُ بيَدِ الله و طرفه بايديكم فتمسكوا به فإنكم لن تضلوا ولن تهلكوا بعده ابدا ...

"Sesungguhnya Al Quran ini (seperti) tali, satu ujungnya di Tangan Allah ta'ala dan ujung yang lain di tangan-tangan kalian, maka berpegang teguhlah dengannya, karena kalian tidak akan tersesat dan tidak akan rusak sesudah (berpegang teguh pada) nya selamanya..."

Allah ta'ala telah memudahkan sebab-sebab hidayah bagi manusia, yakni telinga, mata, hati, akal dan fithrah yang lurus, yang jika seseorang bermujahadah (sungguh-sungguh) menggunakan semua itu untuk memahami Al Quran, niscaya ia akan sampai kepada cahaya terang benderang itu. Firman Allah عز وجل:

والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا ... (سورة العنكبوت الاية ٦٩).

Selama aktif dalam Islam Jama'ah, ada bebera point yang membuat kami tertegun, sering bertanya-tanya dalam hati, mengapa begini dan begitu? Terkadang ada teguran halus dari lubuk hati kecil, dengan beberapa praktik yang dikerjakan oleh Islam Jama'ah. Jika diuraikan, detail hal ini akan sangat panjang, namun secara singkat akan kami uraikan point-point yang bagi saya - mungkin mirip dengan ikhwah lain, khususnya yang betul-betul menjalani kehidupan sebagai pengurus/ terdapuk dalam IJ - sebagai  pintu gerbang tempat keluar dari kekeliruan, menuju jalan yang lebih luas, lebih lurus dan benar.

Pernahkah Anda (khususnya yang masih berpemahaman Islam Jama'ah) merasakan sesuatu, ketika posisi sedang berada di dekat masjid umum (masjid " luar/njobo", istilah IJ) saat terdengar adzan, lalu kaum muslimin shalat berjamaah di dalamnya, sedangkan Anda berlalu atau menghindar begitu saja dari shalat berjamaah? (Tanyakan rasa itu di dalam hati kecilmu).

Pernahkah Anda, jika ada seorang Ustadz atau Dai berceramah, dia bahas tentang keagungan Allah سبحانه و تعالى dan begitu besar hakNya yang sudah semestinya kita tunaikan, lalu Anda teringat ajaran Islam Jama'ah bahwa semua itu sia-sia belaka karena sebaik apapun ucapan dan perbuatan mereka, sesungguhnya mereka hanyalah orang-orang kafir yang kelak di akhirat akan masuk neraka dan kekal di dalamnya?

Pernahkah anda mencoba memikirkan ulang ajaran jokam, dan mencari dalil di dalam Al Quran maupun Al Hadits, bagaimana kaifiyat Allah تبارك و تعالى di dalam menghukumi amal perbuatan yang dilakukan hamba-hambanya? Bahkan jika Anda rajin membaca Al Quran, mengkhatamkannya dalam sebulan minimal sekali, maka Anda akan menemukan ayat ini:

إن الله لا يظلم مثقال ذرة وإن تك حسنة يضاعفها و يؤت من لدنه اجرا عظيما

"Sesungguhnya Allah tidak menzhalimi seseorang meskipun seberat dzarrah, dan jika amal itu baik niscaya akan Dia lipatgandakan, dan akan Dia berikan dari sisiNya pahala yang besar".. (Surah AnNisa ayat 40).

Bayangkan, seberat dzarrah..!!

Artinya, soal pahala dan siksa, sorga dan neraka, Allah akan tetapkan dengan adil, terperinci, dan berdasar pada landasan yang kuat, jelas, zhahir, dan mudah difahami sesuai kelaziman dari sifatNya yang maha menunjukkan.

Mulailah tahun-tahun pencarian saya tentang hakekat iman, dan dari sinilah kita mulai tujuh alasan saya meninggalkan ajaran Islam Jama'ah. Para mantan jokam yang lain memiliki kemiripan, dengan tambahan dan detail sesuai pengalaman masing-masing.

1. Islam Jama'ah telah keliru menjadikan baiat kepada amirnya sebagai syarat sah iman. Dengan kata lain, mereka menjadikan baiat ini sebagai rukun iman, padahal para ulama sepanjang zaman tidak ada yang memasukkannya sebagai salah satu rukun iman ataupun rukun Islam.

2. Islam Jama'ah telah mengklaim secara sepihak bahwa amir yang mereka baiat adalah imam kaum muslimin. Padahal para ulama telah mempersyaratkan keabsahan seseorang disebut "imam", atau " amir", atau "waliyyul amr", diantaranya bahwa orang tersebut diketahui (tidak sembunyi-sembunyi) oleh seluruh muslimin di wilayahnya, mereka membaiatnya secara hakiki yakni menyerahkan kekuasaan atas wilayah sehingga amir merupakan " sulthan" (penguasa) untuk wilayah (negara) tersebut.

3. 'Amir' dan pembuat kebijakan  dalam Islam Jamaah telah melestarikan cara belajar "mangkul", yang hakekatnya merupakan belenggu atas setiap anggotanya agar tidak bisa belajar kepada ulama di luar golongannya. Ini adalah sebuah kekeliruan, yang bila disengaja -Allahu a'lam apa yang mereka niatkan- merupakan kezhaliman. Kita semua melihat potensi yang besar, para pemuda belia yang jangkauan harapan hidupnya masih panjang, karena doktrin ini mereka hanya mendapatkan sedikit (bahkan setelah kami belajar di luar, kepada para asatidzah Ahlussunnah, sesungguhnya ilmu yang diajarkan dalam Islam Jama'ah sangat sedikit, sehingga orang yang alim asli dari mereka tidak dapat menjelaskan bab pokok-pokok iman (ushulul iman), apa kriteria seorang disebut muslim dan bagaimama kriteria tidak disebut muslim (kafir). Padahal dari dasar fondasi inilah akan dibangun kebaikan dalam bab-bab cabangnya: tentang pernikahan, waris, zakat dan sedekah, ukhuwah dalam keluarga dan ukhuwah Islamiyyah pada umumnya dengan seluruh muslim di dunia, dalam persaudaraan tulus, bukan " bithonah -budi luhur" versi Islam Jama'ah seperti point berikutnya.

4. Islam Jama'ah menghalalkan berbohong mirip "taqiyyah" nya syi'ah. Ini dilakukan, padahal mereka mengetahui bahwa berdusta memudahkan pelakunya menuju neraka, sebagaimana hadits yg mereka ajarkan dalam kitabul adab:

...وَايــَّاكم وَالكَذِبَ فإنَّ الكذبَ يَهْدِيْ الى الفُجورِ وإن الفجور يهدي اِلىَ النار ...

"Jauhilah dusta, maka sesungguhnya dusta itu menuntun kepada kedurhakaan, dan kedurhakaan akan menuntun kepada neraka ..."

Dasar "pelestarian" ajaran Islam Jamaah adalah bithonah ( istilah untuk memperhalus dusta). Anda tidak ingin muslim luar mengetahui bahwa anda mengkafirkan mereka, sehingga Anda harus berdusta supaya inti ajaran IJ tidak terbongkar. Padahal, manhaj (metode) asli agama Islam dibangun di atas kejujuran dan keterbukaan. Ilmu dan fiqih harus disebarkan secara terbuka ke seluruh umat bahkan seluruh manusia, biarlah ia teruji dengan berbagai kritik dan masukan. Sepanjang sejarah umat ini, Ahlussunnah sebagai inti dari umat Islam, terbukti sebagai thaifah zhahirah (sebutan lain dari lafadz  manshurin/thaifah manshurah dalam hadits), karena mereka selalu menampakkan dan memenangkan ajaran Islam yang orisinil di atas seluruh agama dan pemahaman yang menyimpang.

Mari kita fikirkan ulang konsep "bithonah" ala IJ, sesungguhnya ini adalah cerminan pondasi Ilmiyah yang lemah. Seandainya sebuah ajaran benar, niscaya ia kokoh menjulang menahan terpaan badai. Para pengikutnya pun tidak akan takut-takut mendakwahkannya, berani karena benar demikian kata pepatah kita.

5. Islam Jama'ah tidak mengajarkan Tauhid dan Assunnah sebagaimana mestinya.

Inti dakwah para Rasul adalah agar manusia mentauhidkan Allah. Ajakan mereka kepada Allah, ilallah, bukan kepada kepentingan sekelompok orang semata. Dari sana, jika di suatu tempat ada da'i mendakwahkan tauhid, kemudian di belahan bumi lain ada da'i lain juga mengajarkan Tauhid, maka jika suatu saat mereka bertemu niscaya bagaikan saudara yang lama telah saling mengenal. Kalimat tauhid inilah penyebab tauhiidul kalimah,  persatuan hati dan pendapat, ini pula yang menjadi dasar "al Jama'ah" ( point ke-6). Selama menjadi anggota IJ, siapapun akan merasakan dasar persatuan mereka, bagaimana mereka membuat pemisahan antara "orang kita" dengan "orang luar". Inilah yang disebut oleh agama kita sebagai ashobiyyah, atau hizbiyyah, sebuah persatuan yang tidak dikembalikan kepada inti ajaran Islam yakni Tauhid dan Assunnah.

6. Islam Jama'ah tidak memahami,  lalu tidak mengamalkan luzuumul Jama'ah, justru mereka telah syadz (menyempal) dari Al Jama'ah.

Mereka salah menafsirkan surah Ali Imran ayat 103, juga hadits yang berbunyi:

يد الله على الجماعة و من شذ شذ الى النار

"Tangan Allah di atas Al Jama'ah, dan barangsiapa menyempal maka ia menyempal menuju neraka".

Jika Anda warga IJ, pasti tahu maksud ayat dan hadits tersebut dalam versi IJ. Akan tetapi berabad jauh-jauh sebelumnya para ulama Ahlussunnah sudah mengkajinya secara mendalam. Al Jama'ah yang dimaksud adalah persatuan di atas kebenaran ( al ijtima' 'alal haq), yakni siapa saja muslim yang berpegang pada Al Quran dan Assunnah dengan pemahaman Rasulullah صلى الله عليه و سلم dan para sahabat beliau (karena merekalah asal dari Al Jama'ah ini), kemudian diteruskan oleh ulama mujtahid/ ulama kibar sepanjang zaman. Inilah yang dimaksud dari " al Jama'ah " itu, yang Allah ta'ala perintahkan untuk menetapinya, lalu Allah larang kebalikannya yaitu bercerai berai dari agamaNya. Allah menghendaki persatuan para Ahli iman, sementara IJ tidak mau membaur dengan para ahli iman, dengan tidak shalat berjamaah bersama mereka dan puas dengan ilmu yang sangat minim.

7. Islam Jama'ah merubah syariat Allah dan membuat para pengikutnya tertipu (maghrur).

'Amir' dan para pembesar IJ telah memprokamirkan bahwa hanya ajaran merekalah yang benar, satu-satunya jalan menuju Sorga ( sesuai isi teks bulanan). Padahal sebagimana point-point di atas, sesungguhnya ajaran mereka telah rusak dari fondasinya. Bahkan dalam detail ajaran Islam Jama'ah, banyak permasalahan  "ditarjih" lewat  mekanisme musyawarah dan "ijtihad" imam, seringkali hasilnya bertentangan dengan nash-nash Al Quran maupun Al Hadits. Yang demikian kiranya disebabkan mereka tidak memahami bahwa Syariat Islam hanyalah milik Allah, hanya Dialah yang berhak menetapkannya, sedangkan para ulama mujtahid hanya berusaha menjelaskan kehendak Allah عز و جل tersebut tanpa sedikitpun memiliki hak untuk merubah, menambah, ataupun menguranginya.

Sayangnya para pengikut IJ tidak memahami ini, yang menyebabkan mereka tertipu dengan diri sendiri, sudah merasa mendapat jaminan sorga, lalu tidak berusaha memahami dan mengamalkan ajaran Islam yang benar.

Demikian tujuh alasan kami meninggalkan Islam Jama'ah , sebagai ringkasan pemahaman kami. Beberapa dalil - insyaAllah shahih-tidak kami cantumkan takhrijnya dengan maksud jika Anda adalah jokam (warga Islam Jama'ah) maka inilah zaman ketika khazanah ilmu syar'i terbuka luas, Anda dapat menanyakannya langsung kepada asatidzah Ahlussunnah yang mumpuni dalam ilmu hadits maupun ilmu syar'i pada umumnya. Inilah waktu kita mencari dan menggali kebenaran, tidak berdiam diri di dalam tempurung kekeliruan.

اللهم صل و سلم على نبينا محمد و على اله و صحبه اجمعين، و اخر دعوىنا ان الحمد لله رب العالمين.

2 komentar:

  1. Saudaraku, tetaplah mengumandangkan kebenaran. Islam yang haq dan tidak ada kebathilan di dalamnya. Islam sangat damai, toleran, penuh kasih sayang. Bukan yg mengkafirkan dan vonis sesat ahli neraka pada saudara sesama muslimnya.

    BalasHapus